Kisi-kisi UKK IPS kelas 8



KISI-KISI SOAL UKK IPS T.P. 2012/2013
KABUPATEN BOJONEGORO

Jenis Sekolah              : SMP                                                                                                  
Mapel/Kls                   : IPS/8                                                                                                           
Jumlah Soal                : 50 butir
Alokasi Waktu             : 90 menit
                                                                                                                       
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
Permasalahan penduduk Indonesia ( materi Semester 1)


















Interaksi sosial


Hubungan sosial




Pranata Sosial













Pengendalian penyimpangan sosial







Pembentukan BPUPKI

Penyusunan dasar negara

Tokoh BPUPKI

Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia kan

Peristiwa Rengasdengklok





Perumusan teks proklamasi

Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

Tempat pembacaan teks proklamasi

Arti penting Proklamasi 17 Agustus 1945
Teks proklamasi

Penyebar luasan berita proklamasi kemerdekaan


Sidang PPKI

Dukungan spontan terhadap proklamasi

Tindakan heroik di berbagai daerah


Ketenagakerjaan





Pelaku Ekonomi




















Pajak














Permintaan, penawaran dan harga
Menyebutkan masalah penduduk Indonesia yang bersifat kualitatif

Menyebutkan masalah penduduk Indonesia yang bersifat kuantitatif

Membaca tabel propinsi yang memiliki kualitas penduduk tertinggi

Menyebutkan Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemajuan tingkat pendidikan suatu Negara

Menjelaskan penyebab Angka harapan hidup penduduk di suatu wilayah tinggi

Menyebutkan contoh proses imitasi sebagai salah satu faktor interaksi social

Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi Interaksi social

Menyebutkan akibat Interaksi sosial yang tidak sempurna dalam kehidupan bermasyarakat

Menjelaskan proses asosiatif

Menunjukkan Bentuk proses sosial disosiatif pada data

Menjelaskan pengertian dari pranata social

Menyebutkan ciri dari pranata social

Menjelaskan Tujuan utama dari pranata pendidikan

Menunjukkan kegagalan pranata keluarga

Menyebutkan runang lingkup Pranata ekonomi

Menyebutkan tindakan yang tidak sesuai dengan norma tetapi tidak melanggar hukum

Menyebutkan Faktor penyebab penyimpangan sosial di dalam masyarakat

Menyebutkan ciri-ciri dari penyimpangan primer

Menjelaskan pengertian pranata sosial

Menyebutkan contoh dari proses pengendalian sosial yang bersifat preventif

Menjelaskan arti penting pembentukan BPUPKI bagi Indonesia

Menyebutkan siapa tokoh yang mengemukakan konsep dasar negara  dalam sidang BPUPKI

Menyebutkan tokoh-tokoh pimpinan  BPUPKI

Menyebutkan dari mana inti dari Pembukaan Undang-undang Dasar  diambil



Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa Rengasdengklok

Menjelaskan apa tujuan para pemuda mengamankan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok

Menyebutkan team perumus teks proklamasi


Menyebutkan tokoh-tokoh yang  hadir saat proklamasi kemerdekaan



Menyebutkan di mana tempat pembacan teks proklamasi

Menjelaskan arti penting Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945



Menjelaskan persoalan apa yang muncul setelah perumusan teks proklamasi selesai
Mengidentifikasi  cara-cara penyebarluasan berita proklamasi

Menyebutkan hasil sidang PPKI  1945

Menjelaskan makna apa yang dapat diambil dari adanya peristiwa Rapat Raksasa di lapangan Ikada

Mengidentifikasi dari data, mana saja dari peristiwa heroik yang menghadapi tentara Jepang

Melalui ilustrasi cerita siswa dapat menyebutkan penggolongan angkatan kerja dengan benar.

Siswa dapat menyebutkan contoh individu yang menganggur secara friksional dengan benar.

Disajikan bagan/skema pelaku ekonomi rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi  siswa dapat menjelaskan alur permintaan tenaga kerja dengan benar.

Disajikan beberapa peran pelaku ekonomi dalam kehidupan masyarakat siswa dapat menunjukkan peran rumah tangga pemerintah dengan benar.

Disajikan pernyataan siswa dapat menunjukkan ciri-ciri sistem ekonomi kerakyatan dengan benar.

Disajikan daftar kegiatan pemerintah pusat di bidang ekonomi siswa dapat menunjukkan kegiatan produksi pemerintah pusat dengan benar.

Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri sistem ekonomi kapitalis dengan benar.

Siswa dapat menjelaskan fungsi pajak dengan benar.

Disajikan daftar jenis-jenis pajak siswa dapat menunjukkan yang termasuk pajak tidak langsung dengan benar.

Disajikan tabel tarif pajak penghasilan siswa dapat menghitung besarnya pajak penghasilan dengan benar.

Disajikan daftar pembelian barang siswa dapat menghitung besarnya pajak pertambahan nilai (PPN) dengan benar.

Disajikan tabel faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi penawaran dengan benar.

Siswa dapat menjelaskan arti pergerakan kurva permintaan dengan benar.

Disajikan kurva penawaran siswa dapat menyimpulkan gambar kurva tersebut dengan benar.

Disajikan tabel permintaan dan penawaran siswa dapat menunjukkan terjadinya harga keseimbangan dengan benar.

1


2


3


4



5


6


7


8


9

10


11

12

13


14

15

16


17


18

19

20


21


22


23

24




25


26



27


28




29


30




31

32


33

34



35



36



37


38



39




40



41



42


43


44



45



46



47




48


49



50
* Disarikan dari MGMP IPS-SMP Kab. Bojonegoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar