KISI-KISI SOAL UKK IPS T.P. 2012/2013
KABUPATEN BOJONEGORO
Jenis Sekolah : SMP
Mapel/Kls : IPS/8
Jumlah Soal : 50 butir
Alokasi Waktu : 90 menit
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
Permasalahan
penduduk Indonesia ( materi Semester 1)
Interaksi sosial
Hubungan sosial
Pranata Sosial
Pengendalian
penyimpangan sosial
Pembentukan
BPUPKI
Penyusunan
dasar negara
Tokoh BPUPKI
Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia
kan
Peristiwa
Rengasdengklok
Perumusan teks
proklamasi
Kronologi
proklamasi kemerdekaan Indonesia
Tempat pembacaan teks proklamasi
Arti penting
Proklamasi 17 Agustus 1945
Teks proklamasi
Penyebar luasan
berita proklamasi kemerdekaan
Sidang PPKI
Dukungan spontan terhadap proklamasi
Tindakan heroik di berbagai daerah
Ketenagakerjaan
Pelaku Ekonomi
Pajak
Permintaan, penawaran dan harga
|
Menyebutkan masalah penduduk Indonesia yang
bersifat kualitatif
Menyebutkan masalah penduduk Indonesia yang
bersifat kuantitatif
Membaca tabel propinsi yang
memiliki kualitas penduduk tertinggi
Menyebutkan Indikator yang dapat digunakan
untuk mengukur kemajuan tingkat pendidikan suatu Negara
Menjelaskan penyebab Angka harapan hidup
penduduk di suatu wilayah tinggi
Menyebutkan contoh proses imitasi sebagai salah
satu faktor interaksi social
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
Interaksi social
Menyebutkan akibat Interaksi sosial
yang tidak sempurna dalam kehidupan bermasyarakat
Menjelaskan proses asosiatif
Menunjukkan Bentuk proses sosial disosiatif pada data
Menjelaskan pengertian dari pranata social
Menyebutkan ciri dari pranata social
Menjelaskan Tujuan utama dari pranata pendidikan
Menunjukkan kegagalan pranata keluarga
Menyebutkan runang lingkup Pranata ekonomi
Menyebutkan tindakan yang tidak sesuai dengan norma
tetapi tidak melanggar hukum
Menyebutkan Faktor penyebab penyimpangan sosial
di dalam masyarakat
Menyebutkan ciri-ciri dari penyimpangan primer
Menjelaskan pengertian pranata sosial
Menyebutkan contoh dari proses pengendalian
sosial yang bersifat preventif
Menjelaskan arti penting pembentukan BPUPKI bagi
Indonesia
Menyebutkan siapa tokoh yang mengemukakan konsep dasar
negara dalam sidang BPUPKI
Menyebutkan tokoh-tokoh pimpinan BPUPKI
Menyebutkan dari mana inti dari Pembukaan Undang-undang
Dasar diambil
Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa
Rengasdengklok
Menjelaskan apa tujuan para pemuda mengamankan
Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok
Menyebutkan team perumus teks proklamasi
Menyebutkan tokoh-tokoh yang hadir saat proklamasi kemerdekaan
Menyebutkan di mana tempat pembacan teks proklamasi
Menjelaskan arti penting Proklamasi Kemerdekaan 17
Agustus 1945
Menjelaskan persoalan apa yang muncul setelah perumusan
teks proklamasi selesai
Mengidentifikasi
cara-cara penyebarluasan berita proklamasi
Menyebutkan hasil sidang PPKI 1945
Menjelaskan makna apa yang dapat diambil dari adanya
peristiwa Rapat Raksasa di lapangan Ikada
Mengidentifikasi dari data, mana saja dari peristiwa
heroik yang menghadapi tentara Jepang
Melalui ilustrasi cerita siswa dapat menyebutkan
penggolongan angkatan kerja dengan benar.
Siswa dapat menyebutkan contoh individu yang menganggur
secara friksional dengan benar.
Disajikan bagan/skema pelaku ekonomi rumah tangga
produksi dan rumah tangga konsumsi
siswa dapat menjelaskan alur permintaan tenaga kerja dengan benar.
Disajikan beberapa peran pelaku ekonomi dalam kehidupan
masyarakat siswa dapat menunjukkan peran rumah tangga pemerintah dengan
benar.
Disajikan pernyataan siswa dapat menunjukkan ciri-ciri
sistem ekonomi kerakyatan dengan benar.
Disajikan daftar kegiatan pemerintah pusat di bidang
ekonomi siswa dapat menunjukkan kegiatan produksi pemerintah pusat dengan
benar.
Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri sistem ekonomi
kapitalis dengan benar.
Siswa dapat menjelaskan fungsi pajak dengan benar.
Disajikan daftar jenis-jenis pajak siswa dapat
menunjukkan yang termasuk pajak tidak langsung dengan benar.
Disajikan tabel tarif pajak penghasilan siswa dapat
menghitung besarnya pajak penghasilan dengan benar.
Disajikan daftar pembelian barang siswa dapat
menghitung besarnya pajak pertambahan nilai (PPN) dengan benar.
Disajikan tabel faktor-faktor yang mempengaruhi yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran
siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi
penawaran dengan benar.
Siswa dapat menjelaskan arti pergerakan kurva
permintaan dengan benar.
Disajikan kurva penawaran siswa dapat menyimpulkan
gambar kurva tersebut dengan benar.
Disajikan tabel permintaan dan penawaran siswa dapat
menunjukkan terjadinya harga keseimbangan dengan benar.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
* Disarikan dari MGMP IPS-SMP
Kab. Bojonegoro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar