Kamis, 07 Februari 2013

Terimakasih Pahlawanku



Salam BISA...!
Selamat datang di sunhistoria.blogspot.com.
       Untuk posting kali ini akan saya tampilkan beberapa opini dari siswa SMP Negeri 1 Sekar Bojonegoro tentang pendapat (opini) mereka setelah melihat video peristiwa Surabaya 10 Nopember 1945 yang dibuat oleh Arysandi Putra (Putra Bung Tomo).
       Dari opini yang sudah masuk di email saya di sunsunardi75@gmail.com, mereka mempunyai pendapat beragam tetapi secara umum mereka sangat bangga akan semangat para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Utuk lebih lengkapnya kita simak beberapa opini yang disampaikan oleh para siswa SMP Negeri 1 Sekar Kabupaten Bojonegoro terhadap peristiwa Surabaya Nopember 1945 :

....“Setelah saya melihat tayangan tadi saya sangat terharu karena pada saat keadaan yang menegangkan yaitu menghadapi tentara-tentara yang bersenjata lengkap. Rakyat Indonesia masih percaya bahwa Tuhan akan memberikan kemerdekaan pada rakyat indonesia,karena kepercayaan-kepercayaan itulah indonesia pada akhirnya juga merdeka dan kemerdekaan itu tak akan di raih tanpa perjuangan-perjuangan yang di lakukan oleh para pejuang kita. Mungkin kita tidak bisa merasakan perjuangan merebut kemerdekaan, tetapi wajib bersyukur terhadap Tuhan YME karena tanpa atas karunianya kita tidak bisa merasakan kemerdekaan. Pertempuran yang terjadi di Surabaya atau yang biasa di kenal dengan (Peristiwa 10 Nopember 1945) itu merupakan peristiwa penting sehingga harus kita peringati/kita kenang.Kita harus ingat pada saat Bung Tomo berpidato mungkin kita bisa meneteskan air mata, karena suara yang begitu meledak-ledak untuk membakar semangat arek-arek surabaya untuk menghadapi tentara Inggris yang telah mengepung rakyat indonesia.”  (by:heru setiawan 8a)

Komentar; opini atau pendapat saya tentang peristiwa pertempuran Surabaya yaitu saya sangat kagum dan bangga atas kegigihan dan pengorbanan bung tomo, untuk Negara kesatuaan republ ik Indonesia. Beliau rela mengorbankan nyawanya demi sang saka merah putih , demi bangsa dan Negara Indonesia ini.  Beliau berjuang bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk seluruh rakyat Indonesia. Atas semangat perjuangan beliau rakyat indonesi dapat bangkit dari kehancuran atas bangsa jepang. Atas semangat beliau yang tak pantang menyerah beliau berhasil mengusir bangsa jepang. Meskipun beliau telah wafat namun jasa-jasanya tetap di kenang oleh seluruh rakyat Indonesia. Dan kami siap menjadi generasi penerus untuk masa depan Indonesia.pesan saya sebagai generasi muda jangan pantang menyerah.    ( Oleh : ERNA DWI PRATIWI, KELAS;VIIIa)


”Ketika saya melihat video tersebut saya berfikir Bagaimana suasana pada saat setelah kemerdekaan indonesia itu yang para pahlawan sudah bersusah payah untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia bagaimana suara bung tomo yang menggugah semangat para pemuda pemudi indonesia khususnya di surabaya.perang yang di bilang tidak seimbang dari jumlah pasukan dan senjata.para tentara inggris mengancam agar rakyat indonesia meletakkan senjatanya dan datang kepada tentara inggris dengan membawa bendera putih tanda bahwa rakyat indonesia namun pahlawan rakyat surabaya tidak mau mereka bertekad untuk memerdekaan indonesia tetap berjuang.tentara laskar surabaya gugur sekitar 20.000 dan tentara inggris hanya 1.500 yang tewas namun inggris di permalukan krena dua tentara terbaiknya tewas dalam pertempuran ini. dunia internasional mengutuk penyerangan inggris karena di anggap perbuatan yang biadab.”   (oleh; Hendra Kurniawan 8B)

 “Komentar; opini atau pendapat saya tentang peristiwa di Surabaya tokoh yang saya kagumi adalah bung tomo. Dari pidatonya semangat pemuda Surabaya dapat  bangkit  .dalam pidato nya itu yang di harapkan bung tomo adalah MERDEKA sebagai generasi penerus kita patut mencontoh semangat bung tomo yang tak pernah putus asa.meskipun beliu pernah mengalami beberapa kali kegagalan.meskipun beliu sudah wafat namun semangat nya tetap tumbuh di kalangan pemuda Indonesia .akhirnya pada tanggal 10 november di peringati sebagai hari pahlawan.dan semangat nya yang tak pernah putus asa dapat kita contoh.beliau berjuang bukan untuk diri nya sendiri namun untuk seluruh bangsa Indonesia.walaupun beliau hanya menikmati kemerdekaan hanya untuk beberapa tahun.
PESAN SAYA;agar generasi penerus saat ini jangan pantang menyerah. “  (Oleh: Ilmawati Nurjanah
Kelas 8A)

......“perasaan saya ketika melihat vidio 10 november 1945 yaitu sungguh sangat terharu,tergugah,ingin menangis,dan bimbang.
ya Allah....... tak kusangka dan tak kuduga perjuangan para pahlawan yang telah gugur dimedan perang tahun 1945 sungguh sangat mengugah hati saya. ternyata perjuangan mereka sungguh luar biasa,mereka rela berkorban demi negara dan para waarga negara indonesia tercinta ini.. tak peduli hujan,petir menyambar atau apapun juga,mereka tetap semangat untuk melawan para penjajah,seperti perlawanan dgn tentara inggris yg telah mengebom bordir kota surabaya,hingga banyak korban yang telah meninggal dunia. allahhu akbar-allahu akbar........! begitu kejam,dan kejinya tentara inggris itu.Namun,dgn usaha dan do'a waktu demi waktu bisa melumpuhkan tentara inggris.
    wahai pahlawanku aku siap melanjutkan perjuanganmu walaupppun dgn cara yang berbeda.\,aku tak ingin kejadian seperti itu terulang kembali dikehidupan bangsa indonesia tercinta ini,aku akan selalu semangat belajar untuk meraih semua cita''yang aku impikan selama ini, ya alllah...............semoga para pahlawan yg telah berkorban untuk bangsa indonesia mendapatkan surgamu ya allah.......................

 Bissmillahh-bissmillah-bissmillah............ aku semangat melanjutkan perjuangan para pahlawanku........aku ingin berpesan kepada seluruh teman''ku dan orang'' yang menjalankan usaha ''MAJU TERUS PANTANG MUNDUR,WALAU SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN''.

            WAHAI PAHLAWANKU AKU SIAP MELANJUTKAN PERJUANGANMU
SEMANGAT..... SEMANGAT.................
                   &
      SEMANGAT..................????? (by:RIDA DIAN ARVIANTI kelas:VIIIC)

“ Setelah melihat video 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya saya merasa bangga dan terharu melihat perjuagan para pahlawan Indonesia.Mereka  sangat gigih memperjuangkan dan mempertahankan bangsa Indonesia dari paja penjajah.Para pahlawan Indonesia rela nengorbankan jiwa dan raganya dan mereka tidak gampang menyerah demi negara tercinta.Kita sebagai penerus bangsa harus mengetahui betapa sulitnya mempertahankan negara dari para penjajah.Dengan mengetahui hal tersebut kita harus ikut serta mempertahankan dan menjaga bangsa kita dan kita tidak boleh lupa dengan jasa para pahlawan itu karena tanpa jasanya kita tidak bisa hidup nyaman seperti ini.Kita bisa menghargai jasa para pahlawan dengan cara ikut memperingati hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November 1945”. (Oleh:Ida Ayu Elisa Kls : 8 D )

 Febri putra 8D
“Setelah saya melihat vidio 10 November 1945 saya sangat terharu karena banyak pejuang-pejuang yang telah gugur dalam pertempuran 10 November 1945.Mereka rela mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk membela negara Indonesia.Padahal tentara Inggris sangat kejam dan tidak mempunyai peri kemanusiaan,ia ingin menguasai kota surabaya tetapi bangsa indonesia berusaha mempertahankan kota tersebut.Saya sebagai penerus bangsa harus menyontoh para pejuang bangsa indonesia.Saya tidak akan melupakan jasa para pejuang bangsa indonesia.Saya akan berusaha mepertahan negara tercinta yaitu negara Indonesia.Dan saya akan memperingati hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November 1945.Dan semoga para pejuang bangsa Indonesia yang telah gugur semoga di terima di sisi Allah SWT. “

 “saya setelah melihat video tentang perjuangan kemerdekaan indonesia bung tomo yang melawan penjajah,saya baru menyadari bahwa melawan penjajah itu tidak semudah yang saya pikirkan,ternyata perjuangan penjajah itu tidak hanya menghabiskan satu korban saja tetapi melainkan ratusan korban bahkan ribuan korban juga.meskipun para pahlawan hanya membawa senjata bambu runcing dan clurit tetapi,mereka bisa memerdekakan bangsa Indonesia sampai sekarang.saya akan berusaha meneruskan perjuangan para pahlawan Indonesia dengan cara melestarikan bangsa Indonesia.dan menjaga budaya-budaya Indonesia dengan sekuat tenaga yang saya miliki.insyaallah semua ini akan saya laksanakan dengan hati yang tulus”.  (Oleh:Ella Nur J, Kelas 8D)

“setelah saya melihat vidio 10 November 1945 saya sangat terharu karna tentara Indonesia yang gugur dalam pertempuran 10 November 1945.Saya ingin mencontoh para pejuang indonesia karena beliau rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk mempertahankan negara tercinta.Dan saya akan memperingati hari pahlawan 10 November 1945 saya akan selalu mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam peperangan 10 November 1945.dan saya akan meneruskan dan meniru perilaku para pahlawan Indonesia karena beliau sangat berjasa bagi bangsa Indonesia tercinta.Saya sebagai generasi muda penerus bangsa akan berusaha menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa Indonesia tercinta ini.Kita bisa menghormati jasa para pahlawan dengan cara ikut memperingati hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November”.  (Oleh:Herianto 8D)

“Dengan adanya video tadi saya akan membuat pendapat saya tentang pertempuran surabaya 10 november ,saya kagum melihat Bung Tomo karena semangat melawan penjajah inggris dengan memper taruhkan nyawanya dan para pemuda Indonesia.Beliau adalah pahlawan sejati saya bangga karena indonesia  mempunyai pahlawan yang pemberani dan tegas untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia.Bung Tomo adalah pemuda yang patut kita contoh,kepribadian,dan tekat untuk memperjuangkan indonesia.Walaupun beliau sudah wafat namun perjuangan bung tomo akan di kenang oleh bangsa indonesia,kami sebagai pelajar harus mempringatinya sebagai hari pahlawan 10 November. (by;Pita yuliana Kelas 8A)

“Opini atau pendapat saya tentang pertempuran surabaya 10 November saya kagum kepada bung tomo semangatnya melawan inggris sangat luar biasa.Beliau berani mempertaruhkan nyawanya.Bung tomo adalah pemuda yang patut kita contoh dalam kepribadian yang baik.Seharusnya pemuda indonesia sekarang bisa seperti bung tomo yang berani dan tegas.Meski bung tomo telah wafat tetapi perjuangannya akan selalu di kenang oleh seluruh bangsa indonesia.Kami sebagai pelajar harus memperingatinya setiap tanggal 10 November sebagai hari pahlawan.Sebagai bentuk terima kasih kita kepada pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan indonesia”. (by;Ana alifah Kelas 8A)

          “ Opini atau pendapat saya tentang peristiwa pertempuran di surabaya pada tanggal 10 novembere 1945 adalah saya kagum dan bangga dengan bung tomo, karena bung tomo rela mengorbankan nyawanya demi memperjuangkan negara kesatuan republik indonesia dan demi meperebutkan sang saka bendera merah putih. Dan sayapun kagum dengan bung tomo pada waktu indonesia di jajah oleh inggris, jepang dan portugis bung tomo berani memimpin perang di kota surabaya dan menyemangati pemuda surabaya dalam berperang. Dan bukan hanya itu meskipun bung tomo sudah wafat nama dan jasa bung tomopun masih di kenang, sehingga pada tanggal 10 november di sebut hari pahlawan,sebagai calon penerus bangsa saya siap meneruskan perjuangan bung tomo”. (Oleh: Sindi novika Kelas; 8a)

KOMENTAR;opini atau pendapat saya tentang peristiwa 10 november di Surabaya saya sangat kagum dengan bung tomo karena semangat beliau dapat membangkitkan semangat pemuda Surabaya,dan saya sangat bangga mempunyai pahlawan seperti bung tomo dan kita juga patut mencontoh sikapnya yang baik,dari pidatonya itu memperlihatkan bahwa semangatnya sangat gigih akhinya 10 november tersebut di peringati sebagai hari pahlawan kita sebagai generasi penerus wajib meneruskan perjuangannya .meskipun beliau telah wafat namun jasanya selalu di kenang oleh bangsa Indonesia.semangatnya yang begitu besar dan kegigihannya akhirnya jepang kalah dari sekutu. Dari suara pidatonya dapat membangkitkan semangat perjuangan pemuda Surabaya .harapan saya untuk generasi penerus kita wajib menghargai perjuangan beliau. (Oleh: Radian Kelas;VIIIA)

....”Opini atau pendapat saya tentang pertempuran surabaya 10 NOVEMBER saya kagum dengan bung tomo karena semangatnya melawan inggris sangat luar biasa beliau berani mempertaruhkan nyawanya dan para pemuda indonesia.beliau pahlawan yang sejati saya bangga indonesia mempunyai    pahlawan yang berani dan tegas untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia.bung tomo adalah pemuda yang patut kita contoh kepribadian yang baik,seharusnya pemuda indonesia sekarang bisa seperti bung tomo yang berani dan tegas.walaupun bung tomo telah wafat tapi perjuangannya akan selalu di kenang bangsa indonesia.dan kami sebagai pelajar harus memperingatinya setiap tanggal 10 NOVEMBER sebagai hari pahlawan.sebagai bentuk rasa terima kasih kita kepada pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan indonesia.”  (Oleh : Jamisri Kelas;8a)
               
komentar;
....”Opini atau pendapat saya  tentang pertempuran  surabaya yaitu saya kagum pada Bung Tomo yang telah mempertahankan negara kesatuan republik indonesia (nkri) bung tomo rela mengorbankan nyawanya untuk kemerdekaan indonesia. atas semangat perjuanganya indonesia tercinta ini dapat bebas dari penjajah jepang. yang lebih saya kagumi lagi meskipun beliau sudah wafat namun jasa perjuanganya tak pernah di lupakan oleh rakyat indonesia sehingga pada tanggal 10 november di peringati sebagai hari pahlawan kami sebagai penerus bangsa akan meneruskan perjuangan bung tommo dengan cara giat belajar sebagai partisipasi saya kepada perjuangan Bung Tomo”. ( Oleh: suprianto Kelas; VIII A )

...”Setelah melihat tayangan tentang perjuangan indonesia melawan sekutu atau inggris, saya sangat terharu .sayatidak bisa membayangkan jika saya lahir sebelum indonesia merdeka mungkin saya akan meninggal terlebih dahulu karena saya tidak mempunyai jiwa yang gagah dan berani ...... sungguh gagahnya pahlawan indonesia dalam menghadapi sekutu atau inggris .inggris mengira akan bisa mengubah kota surabaya .namun pahlawan republik indonesia,bisa mengalahkan inggris. Inggrispun malu karena dua pemimpin mereka meninggal dalam pertempuran tersebut setelah meninggalnya dua pemimpin inggris meninggal, inggrispun menyerang dan akhirnya inggrispun kembali ke asal. Terimaksih para pahlawan republik indonesia telah berjuang demi kemerdekaan indonesia . saya sebagai pemuda indonesia. insyallah akan memperingati  hari pahlawan dan mempunyai jiwa yang gagah dan berani seperti jiwa para pahlawan indonesia”. (Oleh: Sundari Kelas;8c)

       Setelah kita menyimak beberapa opini siswa tadi, kita masih punya harapan bahwa bangsa Indonesia akan tumbuh menjadi bangsa yang besar tentunya lebih baik dari yang sekarang, karena generasi mudanya masih mencintai dan mengagumi para pahlawannya. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya....? Semoga......!

3 komentar:

  1. How to Play Casino: Easy Guide to playing slots on
    Casino herzamanindir.com/ games are played https://tricktactoe.com/ by 4 players, the average time they take turns is around 14:20. The house is wooricasinos.info divided into three distinct categories: the house poormansguidetocasinogambling.com

    BalasHapus