Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakaatuh..!
Apa kabar semua, kalian pasti
menjawab baiik...! sebelumnya mohon ma’af bagi para pengunjung yang bukan
anak-anak karena tadi saya menyapa dengan sebutan kalian, anggap saja saat ini anda
sedang reuni menjadi seorang siswa di sebuah
SMP. O.. ya tadi ketika ada sapaan apa kabar selalu dijawab dengan
perkataan baiik, nah mulai saat ini paling tidak ketika berkunjung di blog ini,
kalian harus menjawab dengan kata BISA...! (sambil tangan dikepalkan). Bisa disini maksudnya beda dengan semboyannya SMK yang BISA itu, tetapi merupakan akronim dari Bersih, Indah, Santun dan Asyik (dipaksakan ni yee..). Tidak apa apa kan dipaksa, karena kadang kadang orang itu bisa karena terpaksa.
kalian harus menjawab dengan kata BISA...! (sambil tangan dikepalkan). Bisa disini maksudnya beda dengan semboyannya SMK yang BISA itu, tetapi merupakan akronim dari Bersih, Indah, Santun dan Asyik (dipaksakan ni yee..). Tidak apa apa kan dipaksa, karena kadang kadang orang itu bisa karena terpaksa.
Langsung pada pokok permasalahan
yaitu selayang pandang Ilmu Pengetahuan Sosial yang selanjutnya nanti kita
sebut IPS. Dalam KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (sebentar lagi mau diganti
Kurikulum 2013) disubutkan: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai dari
SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS
mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan
dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi
Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta
didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu
mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang
untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap
kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara
sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju
kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan
tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan
mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki
kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan
dalam kehidupan sosial
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap
nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama
dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan
global.
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia,
Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu,
Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
Demikian tadi selayang pandang tentang IPS,
namanya juga selayang pandang ya pendek. nanti kalau panjang namanya jadi selayang
panjang dong...! (ma’af bercanda habis
kelihataanya serius sih..). Mohon maaf atas kekurangan, semoga memberi manfaat
bagi kalian semua
Wassalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarokaatuuh!
betull pakkk.....
BalasHapus