Kamis, 10 Januari 2013

Selayang Pandang IPS



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..!
Apa kabar semua, kalian pasti menjawab baiik...! sebelumnya mohon ma’af bagi para pengunjung yang bukan anak-anak karena tadi saya menyapa dengan sebutan kalian, anggap saja saat ini anda sedang reuni menjadi seorang siswa di sebuah  SMP. O.. ya tadi ketika ada sapaan apa kabar selalu dijawab dengan perkataan baiik, nah mulai saat ini paling tidak ketika berkunjung di blog ini,
kalian harus menjawab dengan  kata BISA...! (sambil tangan dikepalkan). Bisa disini maksudnya beda dengan semboyannya SMK yang BISA itu, tetapi merupakan akronim dari  Bersih, Indah, Santun dan Asyik  (dipaksakan ni yee..).  Tidak apa apa kan dipaksa, karena kadang kadang orang itu bisa karena terpaksa.
Langsung pada pokok permasalahan yaitu selayang pandang Ilmu Pengetahuan Sosial yang selanjutnya nanti kita sebut IPS. Dalam KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (sebentar lagi mau diganti Kurikulum 2013) disubutkan: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.
Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.  Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya
2.  Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3.  Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4.  Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.  Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2.  Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3.  Sistem Sosial dan Budaya
4.  Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.

Demikian tadi selayang pandang tentang IPS, namanya juga selayang pandang ya pendek. nanti kalau panjang namanya jadi selayang panjang dong...!  (ma’af bercanda habis kelihataanya serius sih..). Mohon maaf atas kekurangan, semoga memberi manfaat bagi kalian semua


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuuh!




1 komentar: